Lapas Ampana Laksanakan Skrinning dan Penyuluhan HIV/AIDS Bagi Warga Binaan

Tojo Una Una230 Dilihat

TOUNA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ampana Kanwil Kemenkumham Sulteng melaksanakan penyuluhan sekaligus skrining HIV/AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang menjalani masa pembinaan di Lapas Ampana, Selasa (5/3/2024).

Skrining ini merupakan bagian dari program pencegahan HIV/AIDS bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Ampana bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Touna dan Puskesmas Ampana Barat.

Selain itu, edukasi tentang HIV/AIDS juga diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat, khususnya warga binaan pemasyarakatan, terhadap penderita HIV/AIDS sehingga stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dapat dihindari.

Plh. Kepala Lapas Ampana Sumda menyatakan bahwa Lapas Ampana berkomitmen melaksanakan skrining tes HIV bagi seluruh tahanan dan WBP, serta memberikan penatalaksanaan yang sesuai untuk menjaga kesehatan para WBP.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap 25 WBP, tidak ditemukan adanya hasil reaktif terhadap HIV/AIDS,” kata Samuda kepada media, Senin (5/3/2024).

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat teridentifikasi WBP yang menderita penyakit HIV/AIDS untuk mendapatkan penanganan lanjutan, serta untuk mengurangi risiko penularan di dalam lapas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *