197 Orang Mendaftar Calon Anggota Polri di Berau

Nasional323 Dilihat

Sultengsatu.com  — Polres Berau selaku Panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) mencatat sebanyak 197 orang telah mendaftarkan diri secara daring pada rekrutmen calon anggota Polri, Sabtu 20 April 2024.

Kabag SDM Polres Berau, Kompol Kaharuddin, menjelaskan dari ratusan pendaftar daring tersebut, 167 orang diantaranya telah datang untuk mengikuti proses verifikasi.

“Kami telah melaksanakan verifikasi berkas calon siswa (Casis) Akademi Polisi (Akpol), Bintara, dan Tamtama tahun 2024 yang digelar di Gedung Widargo Polres Berau,” jelasnya.

Pada tahap verifikasi ini dilakukan pemeriksaan langsung terhadap tinggi dan berat badan pendaftar serta umur untuk Bintara dan Tamtama minimal 17 tahun tujuh bulan. Sementara untuk Akpol minimal usia 16 tahun.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, saat ini rekrutmen calon anggota Polri juga didominasi oleh laki-laki dengan persentase mencapai 80 persen. Sementara pendaftar berjenis kelamin perempuan ada di kisaran 20 persen,” bebernya.

Setelah tahap verifikasi, proses selanjutnya akan masuk pada tahapan pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal, dengan melibatkan pengawas dari internal dan eksternal.

Dia mengatakan, untuk pengawas internal terdiri dari Sipropam dan Siwas Polres Berau, sedangkan pengawas Eksternal melibatkan dari berbagai pihak diluar instansi Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *